SILABUS
MATA
PELAJARAN MATEMATIKA WAJIB
Alokasiwaktu:
4 jam pelajaran/minggu
SEMESTER
GANJIL DAN GENAP
SMA
NEGERI ……………….
KELAS
X (SEPULUH)
Kompetnsiinti
·
KI-1
dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3:
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1. Mengintepretasipersamaandanpertidaksamaannilaimutlakdaribentuk
linear satuvariabeldenganpersamaandanpertidaksamaanlinear
Aljabarlainnya.
|
Persamaan dan Pertidaksamaan
LinearSatuVariabel yang Memuat Nilai Mutlak
-
Pengertianpersamaandanpertidaksamaan
linear satu variable
-
Penerapanpersamaandanpertidaksamaan linear satuvariabel
|
· Mengidentifikasikuantitas-kuantitasdanhubungan
di
antaranyadalammasalahkontekstualdanmerumuskanpersamaandan/ataupertidaksamaan
linear satuvariabel yang memuatnilaimutlak yang sesuai.
· Menggunakan
ide-ide matematikauntukmenyelesaikanpersamaandan/ataupertidaksamaan linear
satuvariabel yang memuatnilaimutlak.
· Menafsirkandanmengevaluasipenyelesaianberdasarkankonteksmula-mula.
· Mengomunikasikan
proses danhasilpemecahanmasalah
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linearsatuvariabel yang memuat nilai mutlak
· Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linearsatuvariabel yang memuat nilai mutlak
|
4.1. Menyelesaikanmasalah
yang berkaitandenganpersamaandanpertidaksamaannilaimutlakdaribentuk linear
satu variable
|
||
3.2. Menjelaskandanmenentukanpenyelesaianpertidaksamaanrasionaldanirasionalsatuvariabel
|
Pertidaksamaan
mutlak,
pecahan, dan
irrasional
|
·
Mencermati pengertian, metode penyelesaian pertidaksamaan dan nilai
mutlak, pertidaksamaan
pecahan,irrasional dan mutlak, dan penerapannya pada masalah nyata
dari berbagai sumber belajar
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan mutlak, pecahan, dan irrasional
·
Menyajikan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan mutlak, pecahan,
dan irrasional
|
4.2. Menyelesaikanmasalah
yang berkaitandenganpertidaksamaanrasionaldanirasionalsatuvariabel
|
||
3.3. Menyusunsistempersamaan
linear tigavariabeldarimasalahkontekstual
|
Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
-
Pengertian Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
-
Penerapan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
|
· Mengidentifikasikuantitas-kuantitasdanhubungan
di antaranyadalammasalahkontekstualdanmerumuskansistem persamaan linear tiga variabel yang sesuai.
· Menggunakan
ide-ide matematikauntukmenyelesaikansistem persamaan
linear tiga variabel.
· Menafsirkandanmengevaluasipenyelesaianberdasarkankonteksmula-mula.
· Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel
· Mengomunikasikan
proses danhasilpemecahanmasalah yang berkaitan
dengan sistem persamaan linear tiga variabel
|
4.3. Menyelesaikanmasalahkontekstual
yang berkaitandengansistempersamaan linear tiga variable
|
||
3.4. Menjelaskandanmenentukanpenyelesaiansistempertidaksamaanduavariabel
(linear-kuadratdankuadrat-kuadrat)
|
Sistempertidaksamaanduavariabel (linear-kuadratdankuadrat-kuadrat)
|
·
Mencermatipengertian, metode penyelesaian, kurva
persamaan dalam sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel, dan penerapannya
pada masalah nyata dari berbagai sumber belajar.
·
Merumuskan
secara aljabar maupun manipulasi matematika lainnya tentang sifat-sifat yang
berkaitan dengan sistem pertidaksamaan kuadrat dengan dua variabel
·
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sistempertidaksamaanduavariabel
(linear-kuadratdankuadrat-kuadrat)
·
Menyajikan
pelesaian masalah yang berkaitan dengan sistempertidaksamaanduavariabel (linear-kuadratdankuadrat-kuadrat)
|
4.4. Menyajikandanmenyelesaikanmasalah
yang berkaitandengansistempertidaksamaanduavariabel
(linear-kuadratdankuadrat-kuadrat
|
||
3.5. Menjelaskandanmenentukanfungsi
(terutamafungsi linear, fungsikuadrat, danfungsirasional) secara formal yang
meliputinotasi, daerahasal, daerahhasil, danekspresisimbolik,
sertasketsagrafiknya
|
Fungsi
-
RelasidanFungsi
-
OperasiAritmetika
-
KomposisiFungsi
-
Fungsi Linear
-
FungsiKuadrat
-
FungsiRasional
-
Fungsi Invers
|
· Mengidentifikasihubunganantaradaerahasal,
daerahhasilsuatufungsidanekspresisimbolik yang
mendefinisikannyasertamendiskusikanhubungan yang
teridentifikasidenganmenggunakanberbagairepresentasibersamatemannya.
· Mengumpulkandanmengolahinformasiuntukmembuatkesimpulan,
sertamenggunakanproseduruntukmenyelesaikanmasalahkontektual yang
dinyatakandenganfungsilinear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional
· Mengumpulkandanmengolahinformasiuntukmembuatkesimpulan,
sertamenggunakanproseduruntukmelakukanoperasiaritmetikapadafungsi
(penjumlahan, pengurangan, perkalian, danpembagian) danoperasikomposisipadafungsi
· Mengamatidanmengidentifikasifaktapadafungsi
invers yang akandigunakanuntukmenentukaneksistensinya
· Mengumpulkandanmengolahinformasiuntukmembuatkesimpulan,
sertamenggunakanproseduruntukmenyelesaikanmasalah yang berkaitandenganfungsi
invers suatufungsi
· Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan fungsi
|
4.5. Menganalisakarakteristikmasing
– masinggrafik (titikpotongdengansumbu, titikpuncak, asimtot)
danperubahangrafikfungsinyaakibattransformasi f2(x), 1/f(x),
|f(x)| dsb
|
||
3.6. Menjelaskanoperasikomposisipadafungsidanoperasi
invers padafungsi invers sertasifat-sifatnyasertamenentukaneksistensinya
|
||
4.6. Menyelesaikanmasalah
yang berkaitandenganoperasikomposisidanoperasi invers suatufungsi
|
||
3.7. Menjelaskanrasiotrigonometri
(sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dancotangen) padasegitigasiku-siku
|
Trigonometri
-
PengukuranSudut
-
PerbandinganTrigonometripadaSegitigaSiku-Siku
-
Sudut-sudutBerelasi
-
IdentitasTrigonometri
-
Aturan Sinus danCosinus
-
FungsiTrigonometri
|
· Mangamatidanmengidentifikasifaktapada
radian danderajatsebagaisatuanpengukuransudut, sertahubungannya
· Mengumpulkandanmengolahinformasiuntukmembuatkesimpulan,
sertamenggunakanproseduruntukmenyelesaikanmasalah yang
berkaitandenganpengukuransudutdalamsatuan radian atauderajat
· Mangamatidanmengidentifikasifaktapadarasiotrigonometri
(sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dancotangen) padasegitigasiku-siku.
·
Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat
kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk menyelesaikan masalah kontekstualyang berkaitan denganrasio
trigonometri pada segitiga siku-siku
·
Mencermatidanmengidentifikasifaktapadarasio
trigonometri untuk sudut-sudut di berbagai kuadran dan sudut-sudut berelasikemudianmembuatgeneralisasinya
· Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyelesaikanmasalahkontekstual yang berkaitandenganrasiotrigonometrisudut-sudut
di berbagaikuadrandansudut-sudutberelasi
· Mengamatidanmengidentifikasihubungan
antara rasio trigonometri yang
membentukidentitas
dasar trigonometri.
· Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedurpembuktianidentitastrigonometri
· Mengamatidanmengidentifikasifaktapadaaturan sinus
dancosinussertamasalah yang terkait
· Mengumpulkan
dan mengolah informasi untuk membuat kesimpulan, serta menggunakan prosedur
untuk menyelesaikanmasalah yang
berkaitandenganaturan sinus dankosinus.
· Mencermatidanmengidentifikasifaktapadagrafikfungsi
yang dibuatdenganmenggunakanlingkaransatuan
·
Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk membuat
kesimpulan, serta menggunakan prosedur untuk untukmembuatseksagrafikfungsi trigonometri
·
Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan
dengan trigonometri
|
4.7. Menyelesaikanmasalahkontekstual
yang berkaitandenganrasiotrigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan,
secan, dancotangen) padasegitigasiku-siku
|
||
3.8. Menggeneralisasirasiotrigonometriuntuksudut-sudut
di berbagaikuadrandansudut-sudutberelasi
|
||
4.8. Menyelesaikanmasalahkontekstual
yang berkaitandenganrasiotrigonometrisudut-sudut di
berbagaikuadrandansudut-sudutberelasi
|
||
3.9. Menjelaskanaturan
sinus dancosinus
|
||
4.9. Menyelesaikanmasalah
yang berkaitandenganaturan sinus dancosinus
|
||
3.10. Menjelaskanfungsitrigonometridenganmenggunakanlingkaransatuan
|
||
4.10. Menganalisaperubahangrafikfungsitrigonometriakibatperubahanpadakonstantapadafungsi
y = a sin b(x + c) + d.
|
…………………, 18Juli 20…..
Mengetahui
Kepala SMAN ………………… Guru
Mata Pelajaran
………………………………….. …………………………………..
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar