SILABUS SMA/MA
Mata Pelajaran :
Matematika Peminatan MIPA
Kelas :
XII
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
2.1 Memiliki sikap jujur dan konsisten, bertanggungjawab,
tangguh, konsisten dan jujur
dalam memecahkan masalah nyata
sehari-hari.
2.2 Mengembangkan rasa ingin
tahu,
motivasi internal, rasa percaya diri dan
sikap kritis dalam menyelesaikan matematika
dan masalah kontekstual
|
Matriks
dalam
sistem
persamaan
linier
Transformasi
Geometri
|
Mengamati
Membaca
persamaan-persamaan
linier dari berbagai sumber.
Menanya
Membuat
pertanyaan tentang cara penyelesaian sistem persamaan linier selain
menggunakan metode grafik, substitusi dan eliminasi.
Mengeksplorasikan
Mengenali
bentuk matriks dalam sistem persamaan linier serta menentukan unsur-unsur matriks yang ada dalam
suatu sistem persamaan linier.
Mengasosiasikan
Menganalisis
matriks dalam sistem persamaan linier dan menggunakannya menentukan
penyelesaiaan sistem persamaan linier
Mengomunikasikan
Merumuskan
persamaan matriks dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan sistem persamaan
linier, mengaplikasikan konsep matriks, menentukan penyelesaiannya dan
menyajikan semua itu dalam bentuk tulisan atau lisan
Mengamati
Membaca
jenis-jenis
transformasi geometri dari
berbagai sumber
Menanya
Membuat
pertanyaan tentang perbedaan jenis-jenis
tranformasi geometri koordinat.
Mengeksplorasikan
Mengenali
jenis-jenis transformasi
geometri koordinat: translasi, rotasi, refleksi dan dilatasi
Mengasosiasikan
· Menganalisis dan merumuskan
persamaan matriks dari jenis-jenis
transformasi geometri koordinat, menentukan hasil transformasi dengan
menggunakan persamaan matriks transformasi.
· Menggambar hasil transformasi geometri koordinat
Mengomunikasikan
Merumuskan
persamaan matriks dari suatu masalah nyata yang berkaitan dengan transformasi
geometri koordinat, mengaplikasikan konsep matriks, menentukan
penyelesaiannya dan menyajikan semua itu dalam bentuk tulisan atau gambar.
|
Tugas
·
membaca mengenai pengertian matriks dalam sistem persamaan linier
dan transformasi geometri
·
Mengerjakan latihan soal-soal yang terkait dengan penyelesaian sistem
persamaan linier dengan metode matriks, jenis-jenis transformasi geometri, komposisi
beberapa transformasi.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari
tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian
|
4 x 4 jam
pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas XII
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai
· Internet
|
3.1 Mendeskripsikan
dan menganalisis konsep
matriks dalam sistem persamaan linear dan
transformasi dalam
geometri koordinat serta menerapkannya
dalam memecahkan masalah nyata yang
berkaitan.
|
|||||
4.1
Merencanakan dan melaksanakan strategi yang
efektif
dalam mengaplikasikan konsep dan operasi, dan sifat-sifat
matriks
dalam memecahkan masalah
nyata
terkait sistem persamaan linier
dan transformasi
geometri,
serta menginterpretasikan
menganalisis makna hasil
pemecahan masalah.
|
|||||
2.1 Memiliki sikap jujur dan konsisten, bertanggungjawab,
tangguh, konsisten dan jujur
dalam memecahkan masalah nyata
sehari-hari.
2.2 Mengembangkan rasa ingin tahu, motivasi
internal, rasa percaya diri dan sikap
kritis dalam menyelesaikan
matematika dan masalah
kontekstual
|
Vektor
|
Mengamati
Membaca,
mengamati skalar dan vector dari berbagai sumber.
Menanya
Dibawah
bimbingan guru, menanyakan perbedaan besaran skalar dan vektor.
Mengeksplorasikan
Menentukan
unsur-unsur
besaran skalar dan vektor, vektor satuan, sifat sifat operasi aljabar vektor,
sudut antara dua vektor, panjang proyeksi dan proyeksi vektor suatu vektor
pada vektor lainnya, serta cara menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan
dengan skalar dan vektor.
Mengasosiasikan
Menggambar
operasi penjumlahan atau pengurangan beberapa vektor dan operasi perkalian
skalar vektor.
|
Tugas
Mengerjakan latihan soal-soal yang terkait dengan skalar dan vektor
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari
tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian
|
4 x 4 jam
pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas XII
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai
· Internet
|
3.2 Mendeskripsikan
dan menganalisis konsep skalar
dan vektor dan menggunakannya untuk membuktikan berbagai
sifat terkait jarak dan sudut
serta menggunakannya dalam memecahkan masalah.
|
|||||
4.2 Memecahkan
masalah dengan menggunakan kaidah-kaidah vektor.
|
|||||
2.1 Memiliki sikap jujur dan
konsisten,bertanggungjawab, tangguh, konsisten dan jujur dalam memecahkan masalah
nyata sehari-hari
2.2 Mengembangkan rasa ingin
tahu, motivasi internal, rasa percaya diri dan sikap kritis dalam
menyelesaikan matematika dan masalah kontekstual
|
Bunga majemuk,
Angsuran,
Anuitas
.
|
Mengamati
Membaca
dari berbagai sumber untuk mencari informasi tentang bunga majemuk, angsuran
dan anuitas.
Menanya
Berdiskusi
membuat pertanyaan tentang masalh keuangan seperti bunga majemuk, angsuran
dan anuitas.
Mengeksplorasikan
Mengidentifikasi
unsur-unsur
dalam masalah keuangan.
Mengasosiasikan
Menganalisis
prinsp matematika keuangan dan menentukan hubungan bunga, angsuran dan anuitas.
Mengomunikasikan
Menyajikan
data keuangan dan menjelaskan konsep bunga, angsuran dan anuitas.
|
Tugas
Mencari permasalahan keuangan sehari-hari yang berhubungan dengan
bunga dan angsuran (misalnya kredit kendaran atau barang)
Observasi
Mengidentifikasi bunga, angsuran atau anuitas dari suatu
masalah keuangan
Portofolio
Rangkuman permasalahan keuangan sehari-hari dan identifikasi unsur
bunga, angsuran
dan anuitas
Tes
Tes tertulis berbentuk uraian
|
3 x 4 jam
pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas XII
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai
· Internet
|
3.3
Menganalisis konsep dan prinsip matematika keuangan
terkait bunga majemuk,
angsuran, dan anuitas
serta menerapkannya dalam memecahkan masalah
keuangan.
|
|||||
4.3
Menyajikan
data keuangan dan
menganalisis konsep dan prinsip matematika terkait angsuran dan
anuitas dan melakukan prediksi
pemecahan
masalah perbankan.
|
|||||
2.1 Memiliki sikap jujur dan konsisten, bertanggungjawab,
tangguh, konsisten dan jujur
dalam memecahkan masalah nyata
sehari-hari.
2.2 Mengembangkan rasa ingin tahu, motivasi
internal, rasa percaya diri dan sikap
kritis dalam menyelesaikan
matematika dan masalah
kontekstual
|
Komposisi
transformasi
geometri
|
Mengamati
Mengamati komposisi transformasi geometri koordinat
dari berbagai sumber
Menanya
Membuat
pertanyaan tentang komposisi tranformasi geometri koordinat.
Mengeksplorasikan
Menganalisis
dan merumuskan aturan komposisi beberapa transformasi geometri koordinat, menentukan hasil komposis
beberapa transformasi.
Mengasosiasikan
Menggambar
hasil komposisi beberapa transformasi geometri koordinat.
Mengomunikasikan
Membuat
model, merumuskan persamaan matriks dari suatu masalah nyata yang berkaitan
dengan komposisi transformasi geometri
koordinat, menentukan penyelesaiannya dan menyajikan semua itu dalam bentuk
tulisan, gambar atau lisan.
|
Tugas
·
membaca mengenai pengertian komposisi transformasi geometri
koordinat dari berbagai sumber.
·
Mengerjakan latihan soal-soal yang terkait dengan komposisi transformasi.geometri koordinat.
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari
tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian
|
4 x 4 jam
pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas XII
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai
· Internet
|
3.4 Menerapkan
konsep dan aturan komposisi transformasi geometri
koordinat dalam menyelesaikan matematika
dan masalah kontekstual.
|
|||||
4.4 Memecahkan masalah dengan menggunakan
konsep dan aturan
komposisi beberapa transformasi
geometri
koordinat.
|
|||||
2.1 Memiliki sikap jujur dan
konsisten,bertanggungjawab, tangguh, konsisten dan jujurdalam memecahkan
masalah nyata sehari-hari
2.2 Mengembangkan rasa ingin
tahu, motivasi internal, rasa percaya diri dan sikap kritis dalam
menyelesaikan matematika dan masalah kontekstual
|
Dimensi Tiga
|
Mengamati
· Membaca dan meningat kembali
konsep jarak dan sudut pada ruang dimensi tiga.
· Mencari informasi teknik
membuat irisan dua bidang
Menanya
Melalui
diskusi kelompok membuat pertanyaan tentang jarak dan sudut antara
garis/bidang, bidang/bidang.
Mengeksplorasikan
· Menentukan jarak dan sudut
antara garis/bidang, bidang/bidang
· Menentukan cara paling mudah
membuat irisan dua bidang
Mengasosiasikan
Menyimpulkan
konsep jarak atau besar sudut antara garis/bidang, bidang/bidang
Mengomunikasikan
· Menjelaskan cara menghitung
konsep jarak atau besar sudut antara garis/bidang, bidang/bidang
· Menjelaskan secara sederhana
proses membuat irisan dua bidang.
|
Tugas
Menggambar beberapa bangun ruang
Observasi
· Menyelidiki atau menentukan
beberapa jarak atau sudut yang dibentuk atas unsur dalam bangun ruang
· Membuat irisan antara dua
bidang pda gambar ruang dimensi tiga.
Portofolio
· Merangkum gambar bangun
ruang yang sudah ditentukan beberapa jarak dan sudut yang dapat ditemukan
pada gambar.
· Membuat irisan dua bidang
Tes
Tes tertulis bentuk uraian .
|
5 x 4 jam
pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas XII
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai
· Internet
|
3.5
Mendeskripsikan konsep jarak dan sudut antar garis/bidang,
bidang/bidang dan irisan dua bidang dalam bangun
ruang dimensi tiga
melalui demonstrasi menggunakan
alat peraga atau media lainnya,
dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
|
|||||
4.5
Menyajikan
konsep jarak,
sudut antar garis/bidang, bidang/bidang,
dan irisan dua bidang dalam pemecahan masalah bangun ruang
dimensi tiga
|
|||||
2.1 Memiliki sikap jujur dan konsisten, bertanggungjawab,
tangguh, konsisten dan jujur
dalam memecahkan masalah nyata
sehari-hari.
2.2 Mengembangkan rasa ingin
tahu,
motivasi internal, rasa percaya diri dan
sikap kritis dalam menyelesaikan matematika
dan masalah kontekstual
|
Trigonometri
|
Mengamati
Membaca mengenai pengertian identitas penjumlahan sinus, identitas selisih sinus, identitas penjumlahan
kosinus, identitas selisih
kosinus dalam pengubahan
dan pembuktian berbagai
identitas trigonometri dari berbagai sumber
Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian identitas penjumlahan sinus, identitas selisih sinus, identitas penjumlahan
kosinus, identitas selisihkosinus dalam pengubahan
dan pembuktian berbagai
identitas trigonometri, dan penerapannya pada masalah nyata
Mengeksplorasikan
Menemukan rumus
rumus penjumlahan
sinus, selisih sinus, penjumlahan kosinus, identitas selisih kosinus dalam pengubahan dan
pembuktian berbagai identitas
trigonometri dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Mengasosiasikan
Menggunakan
identitas penjumlahan sinus, identitas selisih sinus, identitas penjumlahan
kosinus, identitas selisih dalam pengubahan dan
pembuktian berbagai identitas
trigonometri serta menyajikannya dengan tulisan.
Mengomunikasikan
Menjelaskan
tentang pengubahan dan pembuktian sinus dan kosinus.
|
Tugas
Mengerjakan latihan soal-soal yang terkait dengan identitas
penjumlahan
sinus, identitas selisih sinus, identitas penjumlahan
kosinus, identitas selisih
kosinus
Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari
tugas-tugas yang ada.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian
|
5 x 4 jam
pelajaran
|
· Buku Matematika
kelas XII
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai
· Internet
|
3.6 Mendeskripsikan identitas
penjumlahan sinus, identitas
selisih sinus, identitas
penjumlahan kosinus, identitas
selisih dan menerapkannya
dalam pemecahan
masalah.
|
|||||
4.6
Menyajikan
dan menganalisis identitas penjumlahan sinus, identitas selisih sinus, identitas penjumlahan
kosinus, identitas selisih untuk
pengubahan dan
pembuktian berbagai identitas
trigonometri.
|
|||||
2.1 Memiliki sikap jujur dan konsisten,bertanggungjawab,
tangguh, konsisten dan jujurdalam memecahkan masalah nyata sehari-hari
2.2 Mengembangkan rasa ingin
tahu, motivasi internal, rasa percaya diri dan sikap kritis dalam
menyelesaikan matematika dan masalah kontekstual
|
Integral Tentu
|
Mengamati
Membaca
untuk memahami dan mengingat kembali konsep integral tentu.
Menanya
· Mendiskusikan konsep luas
dan volume benda putar.
· Membuat pertanyaan tentang
luas dan volume benda putar
· Membuat pertanyaan tentang
panjang kurva
Mengeksplorasikan
· Menenrtukan daerah di bawah
kurva atau hasil benda putar
· Menentukan interval dari
derah di bawah kurva dan derah hasil benda putar
· Menentukan intergral
tertentu dalam menghitung panjang kurva
Mengasosiasikan
Menganalisis
konsep dan aturan integral tentu untuk suatu interval
Mengomunikasikan
Menjelaskan
langkah menghitung luas derah di bawah kurva dan volume benda putar serta
panjang kurva menggunakan aturan integral tentu.
|
Tugas
Menggambar beberapa grafik kurva.
Observasi
· Menentukan derah yang
dibatasi oleh kurva
· Menentukan benda putar yang
terbentuk
· Menentukan panjang kurva
Portofolio
Merangkum gambar beberapa grafik,
menentukan derah di bawah kurva, atau benda putar yang terbentuk kemudian
dengan menggunakan konsep integral tentu menghitung luas di bawah kurva dan
volume bend putar.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian .
|
5 x 4
jam belajar
|
· Buku Matematika
kelas XII
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai
· Internet
|
3.7
Mendeskripsikan dan menerapkan konsep
dan aturan integral
tentu
untuk membuktikan
dan menyelesaikan
masalah terkait luas
daerah di bawah kurva,
daerah di antara dua
kurva dan volume benda
putar.
3.8
Menganalisis grafik fungsi aljabar dan
trigonometri dan menerapkan
konsep dan aturan
integral
tentu
untuk menentukan panjang kurva pada interval
tertentu.
|
|||||
4.7 Memecahkan masalah nyata dengan menerapkanberbagai konsep
dan aturan integral tentu terkait luas daerah, volume benda putar dan panjang
kurva dengan mengolah data, memilih variabel,menginterpretasi masalah dalam gambar
dan membuat model masalah serta menyelesaikannya
|
|||||
2.3 Memiliki sikap jujur dan konsisten, bertanggungjawab, tangguh,
konsisten dan jujur dalam
memecahkan masalah nyata sehari-hari
2.4 Mengembangkan rasa ingin
tahu, motivasi internal, rasa percaya diri dan sikap kritis dalam
menyelesaikan matematika dan masalah kontekstual
|
Integral
Parsial
|
Mengamati
· Membaca untuk memahami dan
mengingat kembali konsep integral
· Menggambar grafik fungsi
aljabar dan fungsi trigonometri
Menanya
· Mendiskusikan integral
fungsi aljabar dan trigonometri
· Membuat pertanyaan integral
parsial.
Mengeksplorasikan
· Menentukan integral fungsi
aljabar
· Menentukan integral fungsi
trigonometri
Mengasosiasikan
Menganalisis
konsep dan aturan integral parsial.
Mengomunikasikan
Menjelaskan
langkah menentukan integral parsial terhadap berbagai bentuk fungsi aljabar
dan trigonometri.
|
Tugas
Menggambar beberapa grafik kurva.
Observasi
· Menentukan integral fungsi
aljabar
· Menentukan integral fungsi
trigonometri
Portofolio,
Merangkum
gambar beberapa grafik, menentukan integral fungsi aljabar dan trigonometri
Tes
Tes tertulis bentuk uraian.
|
5 x 4
jam belajar
|
· Buku Matematika
kelas XII
· Buku referensi dan
artikel yang sesuai
· Internet
|
3.9 Mendeskripsikan dan
menganalisis konsep
dan aturan untuk melakukan integral parsial terhadap
berbagai bentuk
fungsi
aljabar dan Trigonometri
|
|||||
4.8 Memecahkan masalah nyata dengan menerapkan
konsep dan aturan untuk melakukan intergral partial terhadap berbagai bentuk
fungsi aljabar dan trigonometri
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar