RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA NEGERI
1 KALASAN
Mata Pelajaran : Matematika-Wajib
Kelas/Semester : X/2
Materi pokok/Topik : Limit Fungsi
Waktu : 2 × 45 menit
A.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran limit fungsi aljabari diharapkan siswa
terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam
menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta
dapat
1.
Menjelaskan kembali pengertian limit fungsi aljabar secara intuitif .
2.Menggunakan
teorema limit untuk menyelesaikan bentuk tak tentu dengan
menggunakan pedoman operasi aljabar
yang benar dengan tepat,
sistematis,
Menggunakan strategi yang tepat untuk menyelesaikan
berbagai bentuk persoalan limit fungsi aljabar secara
tepat dan kreatif.
B.
Kompetensi
Dasar
2.1 Menunjukkan sikap senang, percaya
diri, motivasi internal, sikap kritis, bekerjasama, jujur dan percaya diri
dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata.
2.2 Memiliki
sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif
3.18Mendiskripsikan
konsep limit fungsi aljabar dengan menggunakan konteks nyata menerapkanya.
4.16Memilih
strategi yang efektif dan menyajikan model matematika
dalam memecahkan masalah nyata
tentang limit fungsi aljabar.
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Terlibat aktif dalam pembelajaran limit fungsi aljabar.
2.
Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
3.
Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang
berbeda dan kreatif.
4.
Menjelaskan konsep limit fungsi aljabar.
5. Menyelesaikan persoalan limit fungsi aljabar menggunakan (substitusi langsung , pemfaktoran atau
merasionalkan penyebut)
6. Terampil menerapkan teorema/sifat-sifat limit dan memilih strategi pemecahan masalah yang
relevan yang berkaitan dengan nilai limit
fungsi
aljabar.
D.
Materi
Matematika
v
Konsep
limit secara intuitif
v
Penyelesaian
limit fungsi aljabar
1). Cara substitusi langsung
2).
Cara Pemfaktoran
3). Cara mengalikan dengan
sekawannya
v TEOREMA LIMIT
- Jika
f (x) = k, maka
- Jika
f(x) = x, maka
a.
{ f(x) +
g (x) } =
f (x) +
g (x)
b)
{ f(x) -
g (x) } =
f (x) -
g (x)
- Jika
k suatu konstanta, maka
- a)
E.
Model/Metode
Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific). Metode Pembelajaran koperatif (cooperative learning) menggunakan
kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem-based
learning).
F.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru
memberikan gambaran tentang pentingnya memahami limit dan memberikan gambaran tentang aplikasi limit untuk menguasai
hitung deferensial.
2. Sebagai
apersepsi untuk mendorong rasa ingin
tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai
bagaimana menentukan tinggi maksimum suatu roket setelah ditembakkan . (tidak terpecahkan bila menggunakan perhitungan manual).
3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu memperluas aplikasi konsep limit
untuk memecahkan masalah yang lebih luas (Teknik, Ekonomi, Bisnis,IPA dll)
|
10
menit
|
Inti
|
1. Guru mengingatkan kembali pada pengertian fungsi
domain, kodomain dan range (materi SMP),
2. Guru menginformasikan beberapa tabel nilai fungsi aljabar (buku siswa hal (333-339) melibatkan siswa,
shg siswa mengamati
3.
Guru membentuk kelompok siswa tdr 4 anggota
4. Guru menugasi kelompok untuk
membuat kalimat dengan kata (hampir,
nyaris)
5. Kelompok saling menukarkan hasil
pekerjaannya, selanjutnya membaca dan
memberi makna yang ia baca.
6. Guru menyampaikan Worksheet1 fungsi aljabar sederhana , dalam selang tertentu dan
interval tertentu, untuk didiskusi
untuk melengkapi tabel., selajutnya kelompok
mempresentasikan dan ditanggapi kelompok lain.dengan tanya jawab, siswa diyakinkan bahwa konsep limit secara
intuitif telah dikuasai
7. Guru menyampaikan Worksheet 2 .untuk
didiskusikan dalam kelompok, selanjutnya kelompok menyampaikan hasilnya untuk
ditanggapi kelompok lain
8. Tiap kelompok menyimpulkan sifat-sifat
limit fungsi aljabar
9. Selama siswa
bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan memotivasi semua siswa untuk terlibat diskusi, dan
mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya.
10. Guru
mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok
11. Siswa kembali ketempat duduk semula untuk
menyelsaikan 3 soal secara individu yang disampaikan guru dan dikumpulkan
untuk refleksi bagi guru.
|
70
menit
|
Penutup
|
1. Siswa diminta
menyimpulkan tentang bagaimana menentukan nilai limit fungsi aljabar.
2. Guru memberikan
PR beberapa soal limit fungsi aljabar dari buku siswa
3. Guru mengakhiri
kegiatan belajar dgn pesan untuk tetap belajar materi kelanjutanya
|
10
menit
|
G.
Alat/Media/Sumber
Pembelajaran
- Worksheet atau lembar kerja (siswa)
- Lembar penilaian
- Labtop
- Buku pengan siswa/guru
H.
Penilaian
Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian: melalui pengamatan dan tes tertulis
a. Teknik Penilaian: melalui pengamatan dan tes tertulis
- Prosedur Penilaian:
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat secara aktif selama pembelajaran
b. Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
c.
Toleran
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan saat
diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a.
Menjelaskan
kembali pengertian limit fungsi
aljabar
secara intuitif secara tepat,
sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.
b. Menggunakan teorema limit fungsi aljabar untuk menyelesaikan bentuk tak tentu dengan menggunakan pedoman operasi aljabar yang benar
dengan tepat, sistematis,dan kreatif.
|
Pengamatan proses dan penyelenggaraan tes
|
Penyelesaian
tugas individu
|
3.
|
Keterampilan
a.
Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang
berkaitan dengan limiti fungsi aljabar
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas (baik
individu maupun kelompok) pada saat
diskusi maupun mengukur
kemampuan pengetahuan siswa
|
I.
Instrumen
Penilaian Hasil belajar
Tes
tertulis
1.
Ditentukan,
didefinisikan
lukislah grafik
Kemudiaan jelaskan
konsep limit untuk fungsi diatas
Catatan:
Penyekoran bersifat komprehensif/menyeluruh, tidak saja memberi skor untuk
jawaban akhir, tetapi juga proses pemecahan masalah yang terutama meliputi
pemahaman, tata cara penulisan
, ketepatan penggunaan
simbol , penalaran (logis), serta ketepatan strategi memecahkan masalah.
Lampiran:
a.
Lembar
penilaian sikap ( pengamatan)
No
|
Nama
Siswa
|
Sikap
|
||||||||
Aktif
|
Bekerjasama
|
Toleran
|
||||||||
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
KB
|
B
|
SB
|
||
1
|
Dhianika
Rahma Nur Fadillah
|
|||||||||
2
|
Galuh
Lalita Mahaghora
|
|||||||||
3
|
Dst
|
Keterangan:
KB : Kurang baik
B : Baik
SB : Sangat baik
b.
Lembar
penilaian ketrerampilan
No
|
Nama Siswa
|
Keterampilan
|
||
Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah
|
||||
KT
|
T
|
ST
|
||
1
|
Dhianika
Rahma Nur Fadillah
|
|||
2
|
Galuh
Lalita Mahaghora
|
|||
3
|
Muhammad
Rasyid Alfaruqi
|
|||
4
|
Dst
|
Keterangan:
KT : Kurang terampil
T : Terampil
ST :
Sangat terampil
Untu penilaian keterampilan, dilihat dari proses
penyelesaian soal test individu , yang dilaksanakan siswa dalam:
·
Memilih
cara penyelesaian atau
·
Langkah-langkah
penyelesaian atau
·
Merangkai
sifat dan teorema (yang digunakan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar