RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMPN 4 Satu atap Karangrayung
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Semester : VII (Tujuh)/ 1 (SATU)
Materi :BENTUK ALJABAR
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran
Pertemuan : 1 pertemuan
A. KOMPETENSI INTI
KI-1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
KI-2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
KI-3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI-4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Menjelaskan bentuk aljabar dan
unsur-unsurnya menggunakan
masalah kontekstual
|
3.6.1 Menjelaskan bentuk aljabar
3.6.2 Menjelaskan variabel, koefisien, konstanta dan suku pada bentuk aljabar
|
4.6 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar
|
4.6.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar
|
C. TUJUANPEMBELAJARAN
1. Peserta didik dapat menjelaskan bentuk aljabar dengan benar
2. Peserta didik dapat menjelaskan variabel, koefisien, konstantadan sukupada bentuk aljabar
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Materi pembelajaran Reguler
Mengenal Bentuk Aljabar
2. Materi Pembelajaran Pengayaan
Soal-soal kontekstual bentuk aljabar
3. Materi Pembelajaran Remidial
Bentuk Aljabar
E. PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan Saintifik
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 (Pertama) (2 Jam Pelajaran/80 menit)
| |||
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
| |
Pendahuluan
|
1. Guru memberi salam, mengajak peserta didik untuk merapikan kelas dan penampilan mereka, mengajak peserta didik untuk mengawali kegiatan dengan berdoa, memeriksa kehadiran peserta didik, meminta peserta didik mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, dengan tujuan mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
2. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai yaitupeserta didik dapat mengenal bentuk aljabar dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
3. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu diskusi kelompok untuk menyelesaikan LK yang diberikan guru
4. Guru menyampaikan lingkup penilaian, yaitu penilaianketerampilan dan teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu teknik tes tertulis dan kinerja.
5. Guru mengecek tugas yang sebelumnya sudah diberikan, yaitu membaca sejarah ilmu aljabar dan mempelajari materi Bentuk Aljabar
|
10 menit
| |
Inti
|
Mengamati
1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri 4 orang
2. Guru memberikan penjelasan perbedaan bentuk aljabar dengan bentuk biasa dengan menggunakan peraga sederhana
3. Guru meminta peserta didik untuk menjelaskan perbedaan bentuk aljabar dan bentuk biasa dengan bahasanya sendiri
4. Guru memberikan penjelasan tentang variabel, koefisien, konstanta, jumlah suku, suku sejenis dan tak sejenis pada bentuk aljabar
Menanya
5. Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari penjelasan yang diberikan guru.
Mengumpulkan informasi
6. Peserta didik diminta untuk membaca buku siswa halaman 199-200.
Mengasosiasi
7. Dengan bimbingan guru, peserta didik dalam kelompoknya mengerjakan LKS yang telah disiapkan Guru
8. Guru berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok yang mengalami kesulitan dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami
9. Guru memberikan bantuan kepada peserta didik di masing-masing kelompok untuk masalah-masalah yang dianggap sulit oleh peserta didik
Mengomunikasikan
10. Beberapa perwakilan kelompok menyajikan secara tertulis/lisan jawaban atas pertanyaan yang telah didiskusikan. Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan dan menganalisis hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.
|
55 menit
| |
Penutup
|
1. Guru memfasilitasi peserta didik membuat butir-butirsimpulan.
2. Guru bersama dengan peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi kesulitan yang dialami siswa, .
3. Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil pembelajaran dengan cara menginformasikan proses yang sudah baik dan yang masih perlu ditingkatkan.
4. Guru memberitahukan kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu Operasi Penjumlahan dan Pengurangan pada Bentuk Aljabar
|
15menit
| |
PR/ Tugas : Mempelajari materi Penjumlahan dan Pengurangan pada Bentuk Aljabar ( Buku Paket halaman 207 – 216 )
|
F. PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
PENILAIAN( Pengetahuan, Ketrampilan dan Sikap)
Penilaian dilakukan penilaian Pengetahuan dan Keterampilan dilakukan sesudah materi KD 3.6, 4.6, 3.7 dan 4.7 selesai
3. Penilaian Sikap
Terangkum dalam jurnal penilaian
PEMBELAJARAN REMIDIAL
Kegiatan pembelajaran remedial antara lain dalam bentuk:
• Pembelajaran ulang
• Bimbingan perorangan
• Belajar kelompok
• Pemanfaatan tutor sebaya
bagi peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
PEMBELAJARAN PENGAYAAN
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan untuk perluasan dan/atau pendalaman materi(kompetensi).
G. MEDIA/ALAT DAN BAHAN, SUMBER BELAJAR
1. Media/Alat
|
:
|
Biskuit TOP dan 1 kardus biskuit TOP, LK Kelompok
|
2. Sumber Belajar
|
:
|
-Buku Siswa VII/1: Abdur Rahman As’ari, Mohammad Tohir, Erik Valentino, Zainul Imron dan Ibnu Taufiq. 2014. MATEMATIKA. Jakarta: Kemdikbud (hal. 196-216)
-Buku Guru VII/1: Abdur Rahman As’ari, Mohammad Tohir, Erik Valentino, Zainul Imron dan Ibnu Taufiq.2014. MATEMATIKA. Jakarta: Kemdikbud (hal. 192-200)
-Lingkungan ( Kejadian sehari-hari)
|
Mengetahui Karangrayung,
Kepala SMPN 4 Satap Karangrayung Guru Mata Pelajaran,
Marko, S.Pd Eko Suseno, S.Pd
NIP. 19630716 198405 1 001 NIP. 19850113 200902 1 003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar