RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK TKM Pertambangan
Kelas/Semester : X / 1(satu)
Mata Pelajaran : Matematika
Materi Pokok : Eksponen(Eksponen dan Logaritma)
Waktu/Perteman : 4 jam @ 45 menit(2 pertemuan)
Kelas/Semester : X / 1(satu)
Mata Pelajaran : Matematika
Materi Pokok : Eksponen(Eksponen dan Logaritma)
Waktu/Perteman : 4 jam @ 45 menit(2 pertemuan)
A. Kompentesi Inti SMK Kelas X
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percayadiri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
3.1 Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritmasesuai dengan karakteristik permasalahan yang akandiselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya.
4.1 Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupaeksponen dan logaritma sertamenyelesaikannyamenggunakan sifat- sifat dan aturanyangtelah terbukti kebenarannya.
C. Tujuan pembalajaran
Dalam proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengomunikasi melalui kegiatan di dalam kelas atau di luar kelas, siswa dapat
1. Membaca ekspresi dan hasil operasi aljabar dari eksponen dan logaritma.
2. Membuat pertanyaan mengenai pengertian dan aturan dari hasil operasi aljabar eksponen dan logaritma.
3. Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada pengertian dan hasil operasi aljabar eksponen dan logaritma.
4. Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian dan hasil operasi aljabar eksponen dan logaritma, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian dan aturan dari eksponen dan logaritma.
5. Menyampaikan pengertian, aturan eksponen dan logaritma dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana yang terkait dengan eksponen dan logaritma dengan lisan, dan tulisan.
D. Materi Pembelajaran
1. Penerapan fungsi exponen dan logaritma dalam kehidupan sehari-hari.
2. Pengertian dan menemukan konsep eksponen.
3. Pembuktian dan sifat-sifat eksponen.
E. Model Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific). Pembelajaran koperatif(cooperative learning) menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem-based learning).
F. Media Pembelajaran
· White board
· Spidol board maker
· LCD Proyektor
· Slide Presentasi
· Netbook
G. Sumber Belajar Siswa
1. Buku guru.
2. Dedi Heryadi. 2007. Modul Matematika. Jakarta: Yudhhistira
3. Kusmantoro, dkk. 2004. Matematika Untuk SMK. Jakarta: Balai Pustaka
4. Media lain pendukung pembelajaran.
H. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama (2 jam pelajaran)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru membuka pertemuan dengan Doa dan mengucap salam
2. Cek Kehadiran
3. Mengisi Buku Jurnal
4. Mengisi Buku Agenda Guru
5. Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari pada pertemuan kali ini
6. Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan.
|
10 menit
|
Inti
|
1. Guru bertanya pengaruh eksponen dalam kehidupan sehari-hari.
2. Guru membagi kelompok belajar yang terdiri atas 3 siswa pada tiap kelompok
3. Siswa diberi masalah eksponen yang bekaitan dengan kehidupan sehari-hari untuk didiskusikan kelompok (Lembqaar Kerja Siswa 1)
4. Siswa berdiskusi untuk menemukan prinsip dasar eksponen.
5. Disaat siswa berdiskusi guru mebinbing siswa.
Catatan :
Selama siswa bekerja dan melakukan kegiatan berdiskusi kelompok, guru meperhatiakan sikap. Membant/mebinbing siswa agar dapat memahami apa yang maksud dalam isi soal/masalah.
|
70 menit
|
Penutup
|
1. Siswa bersiap untuk mepersentasikan hasik diskusi pada pertemuan berikutnya.
2. Guru memberi tugas tambahan rumus-rumus pratis eksponen untuk dikerjakan dirumah.
3. Guru menutup pertemuan dengan memint maaf dan mengucap salam.
|
10 menit
|
2. Pertemuan Kedua (2 jam pelajaran)
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru membuka pertemuan dengan Doa dan mengucap salam
2. Cek Kehadiran
3. Mengisi Buku Jurnal
4. Mengisi Buku Agenda Guru .
5. Guru menjelaskan secara singkat tetang kegiatan yang telah dilaksanakan pada pertemuan sebelumnya.
6. Guru menanyakan tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
|
10 menit
|
Inti
|
1. Siswa mempersiapkan materi yang akan dipresentasikan di depan kelas.
2. Guru mengacak kelompok untuk maju bepresentasi di depan kelas untuk mepersentasikan hasil dikusi pada pertemuan kemarin.
3. Disaat siswa presentasi, guru menyuruh siswa lain untuk meperhatikan materi dengan seksakma.
4. Siwa yang belum memahami materi, diberikan kesempatan untuk bertanya.
5. Guru menambahkan materi yang telah dipresentsikan.
6. Guru menjelaskan tugas yang diberikan dirumah dan memberi soal latihan yang berkaitan dengan materi eksponen.
Catatan :
Pada saat siswa presentasi, suasana kelas kurang kudusif karena belum terbiasa dengan model pembelajaran yang baru.
|
70 menit
|
Penutup
|
1. Guru memberi kesimpulan tetang materi yang telah didiskusikan
2. Guru memberi tugas tambahan untuk dikerjakan dirumah.
3. Siswa disuruh mencari materi sekilas tetang bentuk eksponen dan sifat-sifatnya dan akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
4. Guru menutup pertemuan dengan memint maaf dan mengucap salam.
|
10 menit
|
I. Penilaian Hasil belajar
a. Teknik Penilaian : Tertulis, dan Tidak Tertulis (non tes)
b. Prosedur Penilaian :
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap
a. Terlibat aktif dalam pembelajaraneksponen.
b. Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
c. Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
2.
|
Pengetahuan
a. Menemukan rumusOperasi bentuk pangkat.
b. Menyajikan hasil danmemecakan masalah operasi eksponen.
|
Pengamatan dan tes
|
Penyelesaian tugas individu dan kelompok
|
3.
|
Keterampilan
a. Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan hasil akhir operasi eksponen.
|
Pengamatan
|
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi
|
J. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa
Lampiran-lampiran:
- Lembar pengamatan melalui sikap
- Lembar soal dan jawaban tes kemampuan penguasaan materi
- Lembar pengamatan melalui keterampilan
Guru Pembimbing
ARIF BUDI SETIAWAN
NPA:
|
Kebumen, 4 September 2014
Guru praktikan
SUGIARTO
NIM:112144357
|
Mengetahui,
Kepala SMK Taman Karya Madya
Pertambangan Kebumen
MUHADISIN, M.Pd
NPA. 4602
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar